Wednesday, January 1, 2014

Pengertian Ideologi


Pengertian Ideologi

Ideologi berasal dari bahasa yunani: idein(melihat), dalam bahasa inggris menjadi idea (gagasan, cita-cita, konsep), serta kata logia(ajaran). Jadi ideologi adalah ajaran atau ilmu mengenai gagasan dan buah pikiran (science des ideas).
Penemunya adalah Destuct de Tracy(filsuf prancis) yang menerangkan bahwa  idiologi sebagai ilmu mengenai gagasan-gagasan yang menunjukkan jalan kebenaran menuju masa depan. Idiologi dapat diartikan sbgi falsafah hidup (jerman= Weltanschauung)

Beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian ideologi:

a)      Hegel, Dalam bukunya “An Introduction to Hegel, Freedom, Truth and Histoty” karangan Stephen Houlgate (2005), mensitir pendapat Hegel bahwa ideologi adalah produk kebudayaan dari suatu masyarakat. Dalam arti tertentu. ideologi merupakan manifestasi kenyataan sosial.
b)      Soerjanto Poespowardojo, Dalam bukunya yang berjudul “Filsafat ilmu Pengetahuan” (2000), disebutkan bahwa ideologi adalah konsep pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atan masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.
c)      Dr. Alfian, Dalam bukunya yang berjudul “Pemikiran dan Perubahan Politik lndonesia” (1980), Dr. Alfian berpendapat bahwa ideologi adalah pandangan atau sistem bilateral yang menyeluruh dan mendalam mengenai cara yang sebaiknya yaitu secara moral dianggap benar dan adil serta mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.
d)     Padmo Wijayono, Dalam bukunya yang berjudul “BUnga Rampai Sejarah – Sosial – Ekonomi” (2005), beliau berpendapat bahwa ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar.
e)      M. Sastrapratedja, Dalain tulisannya yang berjudul “ide-Ide Menerobos” (2003), Sastrapratedja memaknai tentang ideologi adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi sistem yang teratur.

Fungsi Ideologi

a)      Struktur Kognitif
b)      Orientasi Pasar
c)      Memberikan Norma-Norma
d)     Memberikan bekal dan jalan
e)      Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong
f)       Pendidikan bagi masyarakat

Kekuatan Ideologi

Kekuatan ideologi tergantung kepada kualitas tiga dimensi yaitu:
a)      Dimensi Realita, Nilai-nilai dasar yang terkandung dalarn ideologi tersebut secara riil hidup di dalam dan bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah masyarakat atau bangsanya.
b)   Dimensi Idealisme, Nilai-nilai dasar ideologi tersebut mengandung idealisme yang memberikan harapan masa depan yang lebih baik melalui pengalaman di dalam praktik kebidupan sehari-hari secara bersama-sama.
c)      Dimensi Fleksibllitas (Pengembangan), Ideologi tersebut mempunyai keluwesan yang merangsang pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang relevan dengan ideologi yang bersangkutan tanpa menghilangkan atau mengingkari jati diri yang tenkandung pada nilai-niai dasar tersebut

Jenis-Jenis Ideologi

a) Liberalisme(kebebasan individual), Semua orang diberikan kesempatan yang sama untuk mengembangkan bakat-bakat yang dimiliki seperti halnya yang dimiliki orang lain. Dengan demikian hak indifidual harus dilindungi dari campur tangan negara dan badan lain
b)  Marxisme(Komunisme), Mengutamakan kebersamaan manusia daripada kebebasan individu. Hak pribadi perseorangan tidak diakui. Prinsip utama dari komunisme yaitu materialisme yang menyangkal adanya jiwa rohani dan tuhan sehingga menindas kebebasan pribadi dan agama.
c)  Sosialisme, Berpandangan bahwa manusia adalah makhluk kreatif, sehingga untuk mendapatkan kebahagiaan melalui kerjasama.
d)     Nasionalisme, Ideologi yang mempunyai kekuatan pengaruh untuk mengerahkan. Pengatur ideologi ini mengatributkan negara pada suatu bentuk kultural yang khas.
e)      Fundamentalisme, Ideologi untuk menetapkan agama sebagai sistem politik dalam dunia modern.


No comments:

Post a Comment

Biasakan untuk meninggalkan komentar setelah membaca.
Komentar yang dibutuhkan adalah komentar yang bersifat membangun dan saran bukan komentar yang mengandung SPAM.
Terima kasih atas kunjungannya.

(PLEASE NO SPAM).